Pengertian Lari, Macam Lari, Perbedaan, Manfaat Lari

Lari adalah cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno.Secara awam gerakan jalan dengan lari tidak ada perbedaan yang berarti. Baik jalan maupun lari adalah gerakan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkahkan kaki secara bergantian. Jadi pengertian lari juga sama dengan jalan yaitu gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh daei satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian. Namun antara jalan dan lari ada perbedaan yang signifikan terutama kontak kaki dengan tanah.

  • Macam macam lari :
  1. Lari Sprint ( Jarak Pendek )

Lari jarak pendek adalah perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang  sudah ditentukan. Pelarinya disebut dengan Sprinter.

  1. Lari Estafet

Lari lari estafet adalah salah satu lomba lari yang dilakukan secara bergantian atau beranting. Dalam satu tim lari estafet terdapat empat orang pelari, yakni pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

  1. Lari Jarak Jauh (Marathon)

Lari Jarak Jauh disebut juga Maraton adalah ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km (26 mil dan 385 yard) yang dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya maupun luar jalan raya

  • Berlari dengan koordinasi gerak yang baik akan dapat menghemat banyak tenaga dan juga terhindar dari cedera.  Namun, masih banyak yang belum tahu cara berlari yang benar. Agar bisa berlari dengan benar, Anda perlu mengetahui postur dan teknik yang baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Badan rileks, tidak kaku, dan sedikit condong ke depan.
  2. Pandangan lurus ke depan.
  3. Ayunkan lengan dengan rileks
  4. Atur irama dan panjang langkah agar tepat dan teratur
  5. Saat mendarat, mendaratlah dengan bola kaki atau telapak bagian tengah agak ke depan.
  6. Hindari menekan langkah yang terlalu keras ke tanah (vertikal). Sebaliknya, melangkah seolah-olah mendorong ke depan

Teknik  yang baik pada saat berlari tidak bisa terbentuk dengan sendirinya. Perlu latihan khusus dan kontinyu untuk pembentukan postur tubuh agar menjadi lebih baik sehingga secara otomatis bisa berlari dengan teknik yang benar. Otot pinggang dan perut yang kuat adalah modal utama agar tubuh dapat berdiri tegak atau tidak bungkuk. Selain  itu juga dibutuhkan penguatan untuk tungkai dan lengan agar tubuh menjadi proporsional.

  • Perbedaan antara jalan dan lari :
  • Jalan, pada gerakan jalan langkah kaki yang kita gerakan selalu ada salah satu bagian kaki yang menyentuh tanah.
  • Lari, pada gerakan lari, langkah-langkah kaki yang kita gerakan ada saat kedua kaki tidak berhubungan dengan tanah. Artinya pada lari pada saat tertentu kedua kaki melayang di udara.
    • Manfaat olahraga menurut Boldsky:

    1) Menurunkan berat badan. Olahraga lari adalah cara tercepat untuk membakar kalori. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka dalam waktu singkat Anda dapat menurunkan berat badan Anda.

    2) Kesehatan jantung. Saat Anda berlari, maka sirkulasi darah Anda menjadi lancar. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

    3) Meningkatkan daya tahan tubuh. Terbukti dalam sebuah penelitian bahwa olahraga lari yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan ketahanan tubuh. Anda akan terhindari dari alergi, batuk, juga flu.

    4) Koordinasi tubuh yang baik. Saat Anda berlari, maka sistem koordinasi tubuh Anda akan terlatih. Misalnya tangan dan mata, atau kaki dan mata, serta lainnya.

    5) Penyingkir stres. Saat Anda berlari, maka sistem pernafasan Anda akan bekerja maksimal menerima dan mengeluarkan udara. hal tersebut membantu menyingkirkan stres dalam tubuh.

    6) Mempercepat kerja otak. Sirkulasi darah yang baik saat berlari akan membuat banyak oksigen masuk dalam jaringan tubuh, termasuk juga otak. Ini akan menyehatkannya.

    7) Kesehatan pencernaan. Joging akan membuat proses metabolisme tubuh lancar, termasuk menyehatkan juga kesehatan pencernaan.

    8) Mengurangi resiko diabetes. Joging memotong resiko Anda menderita diabetes hingga setengahnya.

    9) Menunda penuaan. Kebiasaan berolahraga akan membuat Anda berkeringat, dan itu merangsang toksin racun keluar melalui pori-pori. Efeknya kulit sehat, dan Anda tetap terlihat muda.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

45 − = 44